Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Business Meeting yang Efektif

By Caring Lova on June 7, 2011

CaringLova, cape deh rasanya kalau meeting berjalan berlarut-larut dan tak menghasilkan keputusan yang bisa dieksekusi. Setiap bisnis, harus kita upayakan berjalan efektif. Dan kita, baik sebagai anggota meeting, terlebih lagi bila jadi pimpinan rapat, harus mengusahakan meeting yang efektif dan berkualitas.

Berikut sedikit tips yang oke punya, yang diberikan Jerry B. Harvey, seorang guru besar manajemen di Washington University.

1. Speak up everyone!

Ya, ciptakan suasana di mana orang dapat bicara dengan tanpa rasa takut dan tertekan. Kalau perlu, buat aturan tertulis di flip-chart yang menjadi pegangan peserta rapat. Aturan itu akan menjadi standar perilaku yang diharapkan dalam meeting.

2. Stick to plan

Kita harus setuju pada agenda dan tidak bergeser saat menjalankan rapat. Sekalipun ada topik menarik, tetap kembali ke agenda semula. Simpan topik menarik untuk dibicarakan setelah agenda utama selesai.

3. Two ears, one mouth!

Biarkan orang lain bicara pada waktunya. Jangan dibiarkan banyak interupsi kecuali pembicaraan bertele-tele dan keluar jalur.

4. Empty vessels make the most noise

Usahakan peserta rapat yang akan bicara, mencatat terlebih dahulu point-point pembicaraannya sehingga pokok pikirannya jernih dan tidak bertele-tele.

5. Agreed? Let’s move swiftly on

Jika sudah tercapai konsensus, maka bergegaslah. Jangan buang waktu dengan mendiskusikan kembali ide yang sudah disepakati. Tak ada gagasan paling sempurna.

6. One meeting one memory

Buat catatan yang merangkum secara komprehensif. Agar bisa dilihat semua, catatan itu bisa dibuat di flip-chart atau via overhead projector. Jangan lupa, segera kirim setelah pertemuan selesai.

Dengan konsisten menjalankan hal ini, dijamin deh, rapat gak bikin pegal dan membuat kita bergumam:…cape deh!

Selamat meeting!

 

About Caring Lova


Artikel Business Meeting yang Efektif

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>