Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Cara Mencegah Sakit Mata Akibat Menggunakan Komputer

By on May 13, 2013
cara mencegah sakit mata

Terlalu lama menatap layar komputer disinyalir dapat menyebabkan sakit mata. Komputer adalah benda yang paling akrab dengan wanita karir. Di kantor, kamu menatap layar komputer, paling tidak 6-7 jam setiap harinya. Belum ditambah jika kamu melanjutkan pekerjaan di rumah.

Di Amerika, sebanyak 15 juta orang terkena Computer Vision Syndrome (CVS). Gejalanya adalah mata terasa tegang, lelah, terasa perih dan kering, pandangan kabur, tidak fokus, serta sakit kepala. Penyebab sindrom ini adalah penggunaan komputer yang berlebihan.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Sistem pencahayaan yang salah, posisi duduk yang tidak tepat, dan kurangnya berkedip adalah beberapa hal yang dapat menimbulkan CVS.

Untuk mencegah CVS atau sakit mata akibat penggunaan komputer yang berlebihan, ada beberapa cara.

  • Atur Pencahayaan. Sesuaikan tingkat cahaya monitormu. Begitu juga dengan cahaya ruangan. Menggunakan komputer dengan penerangan yang kurang, akan membuat mata cepat lelah. Sebaliknya, bekerja di tempat yang terlalu terang, akan membuat sakit mata karena iritasi.
  • Atur Posisi Komputer. Posisi layar komputer atau laptop yang paling baik untuk menghindari sakit mata adalah berada sedikit di bawah mata. Tujuannya agar mata tidak terlalu membuka lebar saat menatap layar komputer.  Jarak yang aman antara mata dan layar komputer adalah 20-30 cm. Perlu diperhatikan juga dinding yang ada di belakang layar komputer. Hindari dinding yang terlalu ramai, agar mata tidak bekerja ekstra dan mudah fokus pada layar komputer.
  • Perhatikan Kenyamanan. Posisi duduk sangat penting saat bekerja menggunakan komputer atau laptop. Aturlah agar posisi tubuhmu tidak membungkuk ketika menatap layar. Pengaturan besar huruf pada layar juga harus diperhatikan. Jangan sampai matamu memicing saat membaca atau mengetik. Ukuran huruf yang tidak bersahabat akan membuat sakit mata, juga tubuh tegang dan lelah karena harus mendekat ke layar.
  • Beri Waktu Istirahat. Untuk menghindari sakit mata karena terlalu lelah bekerja, mata harus istirahat sejenak. Rumus yang umum dilakukan adalah 20-20-20. Yaitu, beristirahat setiap 20 menit, memandang sesuatu yang jaraknya 20 meter selama 20 detik. Kamu juga bisa memijat area sekitar mata dengan gerakan memutar. Gunanya untuk membuat otot mata kembali rileks. Jangan lupa, berkediplah sesering mungkin ketika sedang menggunakan komputer. Membiarkan mata terpejam selama satu menit di ruangan yang gelap juga akan membuat mata segar kembali.

Mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting. Karena itu, hindarilah sakit mata dengan merawatnya, menggunakan cara-cara di atas.

                                          

About nunikutami


Artikel Cara Mencegah Sakit Mata Akibat Menggunakan Komputer

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>