Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Cerdas Memilih Teman di kantor

By on March 11, 2013
temandikantor

Kantor adalah ibarat rumah kedua. Bahkan, kamu menghabiskan lebih banyak waktu di kantor daripada di rumah. Teman di kantor adalah salah satu hal yang membuatmu bersemangat. Tapi, bagaimana kalau teman-teman itu justru menjadi “racun”? Agar terhindar dari teman yang menyebalkan, sebaiknya kamu bersikap cerdas memilih teman di kantor. Teman seperti apa sih, yang harus diwaspadai?

Baca juga : 5 Hal Agar Wawancara Kerja Berhasil

  • Penjilat. Tak bisa dipungkiri, dalam satu kantor pasti ada teman yang bersikap sebagai penjilat. Mereka sengaja mendekati atasan dengan maksud agar lebih diperhatikan dan cepat naik jabatan. Teman tipe seperti ini biasanya tidak peduli pada rekan kerja. Mereka juga cenderung “menabrak” norma yang berlaku di kantor. Sebaiknya, hindari teman kerja seperti ini.
  • Narsis. Kata “narsis” berarti mencintai diri sendiri. Teman kerja yang narsis tidak pernah membiarkan rekannya tenang saat bekerja. Mereka akan selalu mengganggumu, karena ingin menjadi pusat perhatian. Teman di kantor dengan tipe ini tak segan-segan untuk “menyikut”mu demi untuk tampil sempurna dan paling menonjol.
  • Penyebar Isu. Jangan sampai menjadi korban teman di kantor yang hobi menyebar isu. Mereka tak henti-henti meniupkan isu, bahkan isu yang paling sensitif. Teman kerja seperti ini juga tidak pandang bulu dalam mencari korban. Mulai dari atasan paling tinggi hingga rekan kerja sendiri, bisa dijadikan sebagai korban.
  • Pengkhianat. Data dari Majalah Forbes mengaungkap bahwa 35% orang pernah memiliki teman kerja yang mengkhianati. Semua karyawan yang ada di kantor merupakan pesaing. Meskipun mereka telah menjadi temanmu, bukan tidak mungkin jika mereka berkhianat untuk mendapatkan jabatan atau posisi tertentu.
  • Pemberi Pengaruh Buruk. Jangan hiraukan teman kerja yang mengajakmu melakukan sesuatu yang buruk. Misalnya, membolos, memanipulasi data, atau malas bekerja. Asal tahu saja, meskipun diam-diam, atasan terus mengawasi perilakumu di tempat kerja. Bila kamu ketahuan melakukan sesuatu yang buruk, karirmulah yang menjadi taruhannya. Berarti, boleh saja dong kalau tidak ketahuan? On, no! Sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akan jatuh juga, kan?

Bagaimanapun, teman di kantor sangat berpengaruh terhadap kinerjamu di kantor. Salah memilih teman kerja, siap-siap saja diminta meninggalkan perusahaan untuk selamanya.

About nunikutami


Artikel Cerdas Memilih Teman di kantor

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>