Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Gosip Seputar Kantor? Begini Cara Menyikapinya

By on September 9, 2013
menyikapi gosip dikantor

Namanya juga rumah kedua. Apapun dapat dilakukan di kantor. Bekerja, beraktivitas, bersosialisasi, bahkan, bergosip! Ya, gosip memang tidak dapat dihindari. Mulai dari desas-desus pergantian pemegang saham, proyek besar yang baru saja didapat, masalah dalam keluarga atasan, hingga kasus perselingkuhan, menjadi makanan sehari-hari.

Bagaimana jika kita yang menjadi korban gosip? Jengkel? Tentu saja. Marah? Sudah pasti. Tapi, tahan dulu emosimu. Banyak cara untuk menyikapi gosip yang beredar di kantor. Bahas satu per satu, yuk!

Digosipkan Promosi karena Dekat denggan Atasan. Siapa sih, yang tidak senang mendapatkan promosi ke posisi yang lebih tinggi? Kerja keras selama bertahun-tahun akhirnya berbuah manis. Sayangnya, ada gosip miring yang beredar seputar ini. Seluruh isi kantor menuduh kita dipromosikan karena dekat dengan atasan.

Jangan terburu-buru mengundurkan diri. Sebaliknya, acuhkan omongan miring itu. Langkah selanjutnya adalah jadikan diri kita sebagai subjek dan bukan objek yang dapat dijadikan korban gosip. Caranya? Jangan jadikan dirimu sebagai tempat sampah yang bisa menampung semua omongan orang. Lalu, tetaplah melangkah, dan bekerja keraslah untuk membuktikan bahwa promosi ini didapat karena kinerja kita.

Dicurigai Korupsi. Berada di divisi purchasing memang mengasyikkan. Selain dapat mengasah ilmu yang dimiliki, juga menambah banyak relasi. Sayangnya, divisi ini paling rentan dicurigai korupsi. Bersekongkol dengan vendor untuk mendapatkan keuntungan pribadi adalah tuduhan yang paling sering dilontarkan.

Meskipun hati panas, tetaplah tenang. Hadapi gosip ini dengan kepala dingin. Korupsi memang tindakan yang sangat memalukan. Selain mencemarkan nama baik, kita juga terancam tidak dipercaya lagi oleh atasan. Oleh karena itu, cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah mendatangi rekan yang meniupkan gosip ini. Mintalah dia memberikan bukti kebenaran kabar tersebut. Jika dia tidak dapat membuktikan, mintalah dia untuk meminta maaf kepadamu, di depan seluruh rekan. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan nama baikmu.

Dituduh Selingkuh. Apa salahnya berteman dengan pria beristri? Itulah pertanyaan yang timbul ketika kita bersahabat dengan pria yang sudah memiliki istri. Tidak salah, kok. Gosip memang tidak pernah pandang bulu. Siapapun dapat dengan mudah menjadi sasaran empuk.

Masalahnya, kamu terlanjur bersahabat dengan pria itu. Apalagi saat ini kamu tengah ditugaskan mengerjakan proyek bersama-sama. Tak ada jalan lain selain pura-pura tidak mendengar gosip ini. Tapi, buktikan juga ke mereka bahwa kamu tidak seperti yang dituduhkan. Hindari pulang berduaan dengan pria itu. Ajak juga teman lain saat kalian makan siang. Kalau kamu tetap bersikap biasa saja, lama kelamaan berita itu akan mereda.

Masih banyak gosip seputar kantor yang menerpa. Satu-satunya sikap yang paling baik untuk meredakannya adalah menghadapinya. Bukan malah menghindar.

About nunikutami


Artikel Gosip Seputar Kantor? Begini Cara Menyikapinya

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>