Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Grooming for Marketer

By Caring Lova on November 7, 2011
grooming-marketing

Essential or Leave It!

Nitsca

Orang-orang yang bekerja di bidang pemasaran selalu bertemu dengan banyak orang di setiap hari pekerjaannya, terutama  bertemu dengan pelanggan. Tujuan dari pertemuan mereka adalah untuk mempengaruhi pelanggan untuk emnggunakan produk atau jasa mereka. Seperti kita ketahui “first Impression will impact for a life time”, jika sekali kita bertemu seseorang yang terkesan pada pertemuan pertama tersebut, mereka akan  menghargai kita, tetapi ketika pada pertemuan pertama kita gagal untuk meyakinkan mereka, hal ini akan menghancurkan karir kita.

Pentingnya kesan pertama di mata pelanggan bagi kita, terutama yang bekerja di bidang pemasaran, cara kita berkomunikasi, mempengaruhi, berprilaku, berpakaian dan berpenampilan  akan menentukan bagaimana orang akan menilai kita. Untuk meningkatkan keahlian komunikasi, negosiasi dan berprilaku, banyak perusahaan telah menyediakan pelatihan-pelatihan. Namun, tidak banyak perusahaan yang menyediakan fasilitas atau pelatihan untuk cara berpakaian dan berpenampilan.

Cara berpakaian dan berpenampilan dianggap sebagai hal yang sangat mudah dan terkadang dilupakan, bahkan pihak-pihak yang terlibat di bidang pemasaran, dan dianggap sebagai prioritas kedua bagi pengembangan karyawan. Why? Perusahaan selalu menempatkan keahlian komunikasi dan bernegosiasi sebagai dasar dalam dunia pemasaran, artinya, cara berpakaian dan berpenampilan bukanlah hal yang “esensial” buat tenaga pemasaran.

Namun, pernahkah Anda membayangkan, jika ada seorang tenaga pemasaran yang hendak mempromosikan produknya dengan pakaian yang tidak tepat,  rias wajah yang tidak sesuai dan yang lebih parah, dengan bau badan yang tidak menyenangkan?

Wow… Are you going to let him talk and persuade you? If I were you, I won’t let him get close with me. How could I stand to communicate with a person in bad grooming? That would be very annoying instead of influencing. Jika seperti ini, apakah Anda masih menempatkan cara berpakaian dan berpenampilan (grooming) sebagai prioritas kedua atau bahkan ketiga?

Apakah sangat sulit dan mahal untuk memiliki cara berpakaian dan berpenampilan yang baik? Tidak sama sekali! Hal  yang diperlukan hanyalah “passion” dalam memilih jenis pakaian dan  cara merias wajah yang sesuai dengan lingkungan pekerjaan dan memelihara kesehatan tubuh Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk Anda,

Pemilihan Pakaian

Sebagai seorang profesional, tidak diperlukan”branded” produk dengan harga yang mahal. Yang diperlukan adalah pemilihan jenis pakaian (jika Anda adalah tenaga pemasaran yang banyak menghabiskan waktu Anda diluar ruangan dapat memilih pakaian yang tidak menyerap keringat seperti bahan  polyester) dan model pakaian (Sebagai seorang tenaga pemasaran, pakaian formal yang digunakan adalah blus dengan blazer yang dikombinasi dengan rok atau celana panjang, Anda tidak mungkin menggunakan pakaian pesta bukan?)

Riasan Wajah

Apakah Anda pernah melihat seorang tenaga pemasaran yang datang kepada Anda dengan riasan yang berlebihan atau tidak menggunakan riasan sama sekali? Bagaimanakah menurut Anda? Keduanya menunjukkan kondisi tidak “profesional” seorang tenaga pemasaran. Riasan yang berlebihan akan menimbulkan asumsi  “tidak pada tempatnya”, sedangkan seorang pemasar yang tanpa riasan akan menimbulkan pandangan “ketidak matangan” sehingga tentunya pelanggan akan meragukan kualitas produk atau jasa yang ditawarkannya.

Kesehatan Tubuh

Apakah Anda pernah bertemu seseorang dengan bau badan? Kuku yang tidak terurus? Sepertinya sangat “simple” tetapi sangat berpengaruh sekali. Bau badan adalah hal yang sangat sensitive sekali untuk dibicarakan oleh seseorang kepada seseorang yang sangat sensitif. Oleh karena itu, sebagai seorang tenaga pemasar, kita harus peka terhadap kesehatan tubuh kita sendiri. Olah raga, meminum air putih, penggunaan  deodoran dan pemilihan pakaian yang tepat akan dapat membantu mengurangi bau badan yang sangat mengganggu.

Bagaimana dengan kesehatan kuku? Seberapa pentingkah? Untuk tenaga pemasaran, khususnya yang berhubungan dengan kesehatan, hal ini sangat penting. Apakah Anda akan membeli produk atau jasa yang ditawarkan jika tenaga pemasaran tersebut menggunakan kuku yang kotor? Bagaimana tenaga pemasaran tersebut perduli tehadap produk dan jasa yang ditawarkan sedangkan untuk memelihara kesehatan kukunya tidak bisa. Berlebihan? I don’t think so.

Jika cara berpakaian dan berpenampilan sangat sensitif, apakah yang bisa dilakukan oleh perusahaan? Well, perusahaan harus menempatkan kedua hal ini sebagai bagian dari prioritas pertama dalam pengembangan dasar perusahaan. Artinya, pembekalan haruslah diberikan di awal karir seorang tenaga pemasaran, sehingga dengan demikian semua tenaga pemasaran akan mendapatkan dasar yang sama.

So, professional marketer, it is not hard to have excellent grooming, the only thing we need is concern about our self, because your grooming will represent your professional image in your career. Is it essential or not? If the answer is yes, you may try it. But if the answer is not, just leave it.

 

 

 

 

About Caring Lova


Artikel Grooming for Marketer

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>