Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Menghadapi Kritik dengan Senyuman

By Duratun N on December 24, 2012
senyum dikantor-wsj

Menghadapi kritik di dunia kerja mungkin hal yang pasti terjadi sehari-hari. Namun setiap orang pasti punya cara masing-masing dalam menanggapinya.  Bagaimana kalau kritikan itu ditujukan pada kamu? Bagaimana sih cara kamu menanggapinya? Jangan keburu stress ya, tetap senyumlah saat kamu dikritik karena tujuannya pasti untuk membuatmu lebih baik. Berikut adalah beberapa tips agar kita lebih mudah menerima kritik:

  • Bersikap terbuka. Mulai sekarang cobalah untuk membuka diri setiap ada kritik yang masuk. Jangan langsung antipati kalau ada obrolan yang bernada kritik. Tenangin diri kamu dan cobalah untuk tetap tersenyum. Tetap berpikiran positif akan sangat bermanfaat untuk kamu.
  • Pikirkan manfaatnya. Pada dasarnya kritik bertujuan untuk membangun ke arah yang lebih baik. Bisa jadi, kritikan yang ditujukan pada kamu bisa membantu kamu dalam memenuhi harapan atasan ataupun memperbaiki hubunganmu dengan rekan kerja.
  • Dengarkan dan Pahami. Ayo caringlova, bersikaplah bijak saat menerima kritik membangun. Jangan buru-buru menginterupsi, cobalah berfokus untuk memahami komentar yang diberikan lalu berikan jawaban yang santun atas komentar itu. Jangan khawatir, ada saatnya kamu dikritik, ada pula saatnya kamu mengkritik, baik rekan kerja maupun atasanmu.
  • Memproses kritik yang diterima. Kalau kamu nggak bisa menerima kritik yang diberikan padamu, cobalah mendiskusikannya dengan cara yang baik untuk mencapai solusi bersama. Tapi sebisa mungkin hindari perdebatan yang bisa berdampak buruk.
  • Ucapkan terima kasih. Nah, ini adalah salah satu magic words yang paling ampuh dalam setiap keadaan. Setelah mendapatkan kritikan, tataplah matanya dan ucapkan ‘terima kasih’ atas kesediaannya mengevaluasi diri kamu. Kamu nggak harus setuju kok dengan kritikannya tapi tetap berikan apresiasi.
Apapun kritikan yang diberikan oleh orang-orang di kantor, sebaiknya menjadi bahan introspeksi diri kamu. Tidak perlu langsung stress dan kehilangan rasa percaya diri bila orang menilai kekurangan-kekurangan kamu.

Baca juga : Cara Menjaga Kepercayaan Diri

About Duratun N


Artikel Menghadapi Kritik dengan Senyuman

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>