Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Mengelola Usaha dari Rumah

By Caring Lova on November 11, 2012
bisnis-wanita

Pertanyaan:

Mbak Riezka,  saya sarjana arsitektur dari universitas negeri ternama di Jawa Tengah. Selepas kuliah  sekitar 3 tahun lalu sebenarnya saya diterima kerja menjadi awartawan majalah arsitek dan mengajar bahasa Inggris di lembaga yang bagus. Tapi mnegapa, semenjak punya anak (sekarang 20 bulan), saya malas bekerja kantoran dan memilih bisnis dari rumah.

Bisnis yang saya geluti adalah menjual barang-barang via online. Banyak yang meragukan bisnis saya akan berjalan lancar. Oleh karena itu, saya ingin  tahu  apa sih plus minusnya bekerja di rumah? Bagaimana  mengelola usaha di rumah, terutama menyangkut komitmen, pembagian waktu, profesionalisme, sdm, operasional  usaha (karena ibaratnya kantor buka 24 jam), dan seterusnya. Saya ingin membuktikan bahwa bekerja di rumah pun bisa professional dan kelangsungan usaha juga bisa terjamin.   Pertanyaan ketiga,  minta diberikan tips mengelola usaha di rumah? Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Terimakasih atas atensinya mbak Riezka.

 

Vitty, Bintaro, Jakarta

 

Jawab:

Mbak Vitty  yang baik, saya coba jawab pertanyaannya satu per satu.

  1. Plus minus berbisnis di rumah.
    • Perlu tenaga extra untuk memasarkan produk atau jasa
    • Menumbuhkan kreatifitas karena harus bersaing dengan usaha yang sudah  ada
    • Memiliki  kepuasan tersendiri,meski usaha tidak berjalan sesuai rencana karena usaha rumahan tak selamanya mendatangkan untung secara financial, tapi juga memberikan wadah untuk  ajang aktualisasi diri
    • Memiliki waktu lebih banyak dengan keluarga karena dapat dilakukan di tempat dengan waktu yang fleksibel
    • Menciptakan lapangan kerjabaru bagi  orang  lain
    • Menambah pemasukan keluarga. Bila usaha sukses, tidak menuntut kemungkinan suatu saat menjadi sumber utama
  2. Bagaimana  mengelola usaha di rumah, terutamamenyangkutkomitmen, pembagianwaktu, profesionalisme, sdm, operasional  usaha (karena ibaratnya kanto rbuka 24 jam), dan seterusnya.
    Mengelola usaha di rumah enaknya jelas lebih hemat waktu.  Kita tidak kena macet dan  tidak terlalu repot kesana-kemari. Namun untuk menjaga profesionalisme,  apabila usaha sudah lebih maju,  sebaik nya buat ruangan / space khusus untuk produksi,kantor dan sistem keuangan. Komitmen kerja dalam sehari yang kita butuhkan untuk usaha perlu dipersiapkan. Misalnya, 5 jam per hari sisanya untuk mengurus rumah tangga. Enaknya , enaknya usaha di rumah, controllingnya lebih mudah dibandingkan usaha d luar rumah dengan jarak yang jauh.
  3. Tips mengelola usaha  di rumah. Apa do dan don’t yang harus dipersiapkan?
    • Set up ruang kerja terpisah di rumah. Tidak peduli apakah ini adalah sebuah kamar tidur kecil, satu bagian dari garasi, atau sudut ruang tamu. Yang penting adalah untuk memiliki beberapa ruang yang dapat menetapkan sebagai area kerja. Ini akan memberi  ruang yang dibutuhkan untuk membangun  impian
    • Buat time management sebagai parameter sukses berbisnis. Misalnya, jam kerja. Saat tepat melakukan pemasaran? Kapan menyediakan layanan atau produk kepada klien? Dan seterusnya.
    • Buatlah jejaring. Salah satu cara tercepat untuk mengembangkan bisnis apapun adalah untuk membuat koneksi dengan orang lain. Pastikan untuk berbagi semangat dan antusiasme dengan orang lain di setiap kesempatan
    • Jika ingin diperlakukan secara profesional, sajikan gambar- gambar profesional. Misalnya, set up rekening bank terpisah untuk bisnis.Instal telepon terpisah dan saluran faks. Menciptakan materi pemasaran professional akan membantu bisnis berkembang lebih professional.
    • Mengotomatiskan bisnis sebanyak mungkin. Memang, hanya satu orang (sekarang) dan mungkin memiliki banyak waktu ekstra untuk mengurus semua detail. Hal ini mungkin bekerja untuk sekarang, tapi  tidak akan bekerja ke masa depan karena akan  lebih sibuk dan sibuk.

About Caring Lova


Artikel Mengelola Usaha dari Rumah

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>