Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Meningkatkan Self-Esteem

By Caring Lova on November 11, 2012
self-esteem

CaringLova,

Seringkah kita sadari bahwa kesuksesan dalam hidup dan karir, kerap terhubung dengan yang disebut sebagai self esteem? Bukankah kita sering mendengar jargon klise, “You are what you eat”, atau “You are what you think”? Nah, self-esteem kita adalah bagaimana kita memandang diri sendiri.

Self-esteem adalah penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri, baik berupa penilaian negatif maupun penilaian positif yang akhirnya menghasilkan perasaan keberhargaan atau kebergunaan diri dalam menjalani kehidupan.

Tentu saja kita ingin punya self-esteem yang positif. Dan dalam karir, hal demikian akan sangat membantu. Sebab dengan memandang diri secara positif, kita akan semakin percaya diri. Itulah karenanya kita harus berupaya meningkatkan self-esteem. Tentunya dengan tetap proposional sehingga tidak terkena seindrom ke-ge-er-an yang justru malah sering merugikan karena kita menjadi over confidence.

Berikut adalah 5 tips untuk meningkatkans elf-esteem:

Buat daftar hal positif tentang diri kita:
Setiap orang punya kelemahan. Tapi juga punya kekuatan. Jangan berpikir, “Ah, saya tidak bagus di sisi ini, sisi itu, bla-bla-bla.” Fokuskan pada kekuatan yang kita miliki. Jadikan ini sebagai modal untuk kita melangkah lebih jauh. Nyatakan dalam diri, “Saya punya kemampuan ini, itu, dst. Saya pasti bisa.” Pertajamlah kemampuan/kelebihan tersebut.

Jangan selalu dengarkan orang:
Artinya, jangan terlalu ambil pusing dengan omongan orang yang tidak konstruktif terhadap diri kita, kecuali inputnya akan memperbaiki kelemahan kita, ingat lagi tips pertama: bahwa semua orang punya kelemahan. Fokuslah pada kekuatan kita.

Bersyukur:
Ada pepatah mengatakan “Attitude of gratitude”. Selalulah bersyukur untuk apa yang kita miliki hari ini, mulai dari makanan, tempat tinggal, dsb. Itu akan menambah self-esteem kita. Membuat kita merasa betapa beruntungnya kita.

Lihat apa yang kita senangi:
Buat daftar apa yang ingin kita capai dan ingin kita lakukan. Tancapkan keberanian dan keyakinan bahwa dengan kemampuan yang kita miliki, kita bisa meraih itu semua.

Berteman dengan orang optimistis:
Kelilingilah diri kita dengan orang-orang yang punya optimisme dan sikap positif dalam kehidupan. Berteman dengan mereka akan mendatangkan sikap serupa sehingga self-esteem kita pun meningkat.

CaringLova,
Dengan konsisten kita melatih 5 tips di atas, maka akan lebih mudah buat kita untuk meningkatkan self-esteem. Dengan sendirinya, kita pun berharap bisa semakin positif dan optimis dalam melakoni hidup serta karir. Lima langkah yang mudah tapi sangat bermanfaat!

About Caring Lova


Artikel Meningkatkan Self-Esteem

2 Comments

  1. Pingback: 5 Cara yang Membuat Bahagia Ketika Bekerja - YCPA - YCPA

  2. Pingback: Menghadapi Kritik Dengan Senyuman - YCPA

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>