Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Menyesuaikan Diri Dengan Gaya Bos Baru di Kantor

By on February 8, 2013
Menyesuaikan Diri Dengan Gaya Bos Baru di Kantor

Bos baru memang seringkali membuat karyawan ketar-ketir. Apalagi jika bosmu yang baru ini tidak sebaik dan seramah bos lama. Tapi, jangan khawatir. Bos baru juga dapat menjadi atasan yang menyenangkan, kok. Bahkan, jika kamu sudah tahu caranya, dia bahkan bisa menjadi partner kerja sekaligus teman yang asyik. Berikut ini beberapa jurus jitu dalam menyesuaikan diri dengan gaya bos barumu.

Baca juga : Cara Menghadapi Si ‘Bos Impor’

  • Kenali Sifatnya. Saat mulai bekerja dengan bos yang baru, kenalilah sifatnya. Pelajari tipe kepemimpinan, cara berkomunikasi, pembawaan, dan kebiasaannya dalam berhubungan dengan karyawan. Jika sudah memahami sifat dan sikap bos baru ini, kamu akan lebih mudah untuk beradaptasi.
  • Sesuaikan Irama. Jangan kaget dengan irama kerja bos kamu yang baru. Jika irama kerja bos lama cenderung santai dan bos baru lebih ketat, irama kerjamu pun harus diubah. Segera selesaikan pekerjaan, dengan harapan, jika bos meminta laporan, kamu sudah selesai mengerjakannya.
  • Jangan Menolak. Dengan bos lama, kamu mengerjakan laporan dengan tenggat waktu yang lama. Sementara, dengan bos mu yang baru, kamu diminta mengerjakan satu pekerjaan dalam waktu yang lebih pendek. Jalan satu-satunya adalah mengikuti aturan baru ini. Jangan sekali-sekali menolak peraturan baru, apalagi dengan alasan bahwa dulu kamu diberi waktu lebih lama dalam mengerjakan pekerjaan ini. Jika ini terjadi, bos baru akan menganggapmu karyawan yang kurang profesional.
  • Tawarkan Bantuan. Dalam melakukan pekerjaan baru, bos barumu tentu saja masih memerlukan bantuan. Jangan ragu untuk menawarkan bantuan padanya. Mendiskusikan proyek yang sedang berjalan dan memberi informasi tentang pekerjaan yang sudah memasuki masa tenggat, akan membuat bos barumu bisa bernapas lega. Akhirnya, kamu pun dapat bekerja dengan nyaman bersama bos baru.
  • Bersikap Wajar. Saat memberi bantuan pada bos baru, usahakan sewajar mungkin. Tidak perlu memaksakan diri apalagi sampai ngotot. Hal ini untuk menghindari anggapan dari sesama rekan kerja bahwa kamu adalah penjilat.

Bagaimana pun, bos baru akan memberimu pengalaman baru yang memperkaya pengalaman, lho.

About nunikutami


Artikel Menyesuaikan Diri Dengan Gaya Bos Baru di Kantor

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>