Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Plus Minus Pengaruh Social Media Terhadap Pekerjaan

By on May 19, 2013
Pengaruh social media terhadap pekerjaan

Saat ini adalah eranya social media. Facebook dan twitter menjadi dua di antara sekian banyaknya social media yang menarik minat. Jujur saja, kamu pasti salah satu penggunanya, kan?

Dalam kehidupan, social media bagaikan dua sisi mata uang yang berbeda. Di satu sisi, berperan penting untuk mengantarkan informasi yang sangat berguna. Namun, di sisi lain, dapat membuatmu terlena, sampai menurunkan produktivitas di kantor.

Agar tidak terjerumus sisi buruk social media, ada baiknya kamu mengetahui plus minus dampak penggunaannya. Berikut ini uraiannya:

Plus                         

  • Memberi Info Pekerjaan. Banyak orang yang mendapatkan teman baru di social media. Meskipun belum pernah bertemu, kamu bisa menjalin pertemanan hingga akrab. Bahkan, tidak jarang juga yang mendapatkan informasi pekerjaan baru dari social media.
  • Mempermudah Pekerjaan. Kamu diberi tugas mencari narasumber untuk artikelmu? Tengoklah social media. Di sana, kamu bisa mencari narasumber yang sesuai. Sedang bingung karena belum mendapatkan ide untuk acara malam amal di kantor? Gampang. Di facebook, twitter, dan blog sering  ditemukan ide-ide yang dilontarkan penggunanya. Atau, ditegur bos karena nilai penjualan produk di tempat kerjamu menurun? Gunakan twitter untuk lebih mengenalkan produk tersebut. Dari hal-hal di atas, tampak bahwa social media benar-benar sangat mempermudah pekerjaan.

Minus

  • Menurunkan Produktivitas. Pada sebuah survey di Inggris, sebanyak 6% karyawan di negara tersebut mengakses social media lebih dari satu jam setiap hari. Akibatnya, produktivitas menurun dan perusahaan pun mengalami kerugian sebesar 14 miliar poundsterling. Nah, kalau kamu tidak ingin mendapat peringatan keras karena produktivitasmu menurun, akseslah media itu hanya pada jam istirahat.
  • Menyebabkan Kecanduan!. Informasi apapun yang kamu butuhkan, ada di social media. Info tentang karir, keluarga, anak, pekerjaan, dan hobi, dibagikan setiap harinya. Karena itu, banyak orang yang selalu ingin tahu informasi terbaru setiap saat. Dari sinilah social media dapat menyebabkan kecanduan. Mulai dari bangun tidur hingga mau tidur, tak pernah lepas dari media tersebut. Jika sudah begini, media itu menjadi sesuatu yang sangat berbahaya. Bukan hanya mengancam karir di kantor, tapi juga mengancam jiwa, terutama jika kamu mengaksesnya tanpa melihat tempat. Sedang menyetir, misalnya.

Social media akan selalu menjadi sesuatu yang mengasyikkan. Namun, dampak yang akan kamu dapatkan, tergantung caramu menggunakannya.

 

 

 

About nunikutami


Artikel Plus Minus Pengaruh Social Media Terhadap Pekerjaan

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>