Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Tips Presentasi PowerPoint 10/20/30

By Caring Lova on May 5, 2011

Tulisan praktis dan berguna ini diambil dari blog pengamat pemasaran Yuswohady, http://www.yuswohady.com mengenai tips membuat dan melakukan presentasi untuk kerja. Pasti sangat berguna kalau bisa kamu terapkan di pekerjaan sehari-hari. Ini artikelnya.

Tips presentasi PowerPoint ini dikemukakan oleh Guy Kawasaki, venture capitalist, penulis buku laris “The Art of Start”, dan salah seorang terkreatif di dunia. Dia punya tips simpel tapi ampuh dalam membuat dan melakukan presentasi menggunakan PowerPoint. Tips itu disebutnya: The 10/20/30 Rule of PowerPoint.

Kata Kawasaki: “a PowerPoint presentation should have 10 slides, last no more than 20 minutes, and contain no font smaller than 30 points

Kenapa presentasi cukup 10 slide? Karena, orang normal mengalami kesulitan memahami dan mengingat sebuah konsep yang memiliki lebih dari 10 elemen. Setiap presentasi haruslah komplit, tapi padat berisi (concise). Slide PowerPoint bukanlah “tempat sampah”; setiap slide harus berisi  poin-poin kunci, bukan cerita ngoyoworo yang tanpa arti. Every slide matter.

Kenapa lama presentasi tidak boleh lebih dari 20 menit? Karena, dalam kenyataannya waktu efektif kita melakukan presentasi adalah 20 menit. Memang Anda diberi waktu 1 jam, tapi di dalam setiap meeting selalu ada yang terlambat, menyiapkan ini-itu, ngobrol ngalor-ngidul untuk ice-breaking dan “pemanasan”, dan tentu harus ada slot untuk sesi diskusi. Pangkas waktu sana-sini, ujung-ujungnya waktu efektif Anda hanya 20 menit. Manfaatkan “hot moment” 20 menit itu untuk meyakinkan target audiens.

Kenapa font tidak boleh lebih besar dari 30 point? Karena, font 30 point adalah ukuran font yang paling optimal: tidak terlalu kecil sehingga tak sulit dibaca; dan tidak terlalu besar sehingga kalimat yang Anda rangkai cukup bisa menampung ide-ide presentasi yang hendak disampaikan.

Walaupun 10/20/30 Rule dikemukakan Kawasaki dalam konteks presentasi business plan untuk mencari investor; namun saya kira prinsip yang sama berlaku juga untuk presentasi penualan (bagi teman-teman salesman/account manager), presentasi pitching untuk rekan-rekan di agen periklanan), atau presentasi usulan program ke bos untuk teman-teman brand/product/marketing manager.

Selamat mencoba!

About Caring Lova


Artikel Tips Presentasi PowerPoint 10/20/30

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>