Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Work Overload? Ini Solusinya

By Caring Lova on May 5, 2011

Pekerjaan menumpuk bisa dilihat dari dua sisi. Sisi positif, dan ini bisa menghibur kamu adalah bahwa bos percaya sehingga memberikan banyak pekerjaan. Tapi hati-hati dengan sisi negatifnya. Pekerjaan banyak memerlukan energi yang banyak pula. Dan bila salah menangani, bukan hanya energi yang terkuras, pikiran pun akan tersedot sehingga stress pun datang.

Sebelum itu semua terjadi, ayo kita pandai-pandai menyiasati kondisi pekerjaan menumpuk. Berikut adalah tip ringan yang layak dipertimbangkan.

#1. Ambil nafas dulu, mundur sedikit ke belakang. Overload seringkali merenggut energi dan psikis seseorang sehinga tidak bisa berpikir dan bertindak jernih. Momen berhenti sejenak, atau istilahnya “pause for reflection”, dapat menghindari kesalahan yang besar akibat kelelahan yang amat sangat.

#2. Pilah-pilah pekerjaan untuk menjernihkan pikiran. Tumpukan kertas, boks dokumen, unread email, file yang terserak, rapikan semuanya karena hal-hal tersebut menimbulkan stres. Ini bukan perkara bersih-bersih, membuat ruangan jadi sebersih mungkin. Ini tentang bagaimana kita bisa mengontrol keadaan.

#3.  Strukturkan pekerjaan dengan benar. Pada akhirnya semua pekerjaan itu harus diselesaikan sebaik-baiknya. Pilah terlebih dahulu mana yang ringan, yang bisa cepat dituntaskan, dan mana yang perlu extra time, bahkan tak bisa dikerjakan tanpa bantuan orang. Bersikap realistis sangatlah penting.

#4. Bila pekerjaan sudah tuntas, maka tanyalah pada diri sendiri ketika akan menerima pekerjaan baru; apakah perlu melakukan banyak hal? Apakah perlu menerima semua kepercayaan? Ingat selalu, manusia ada batasnya.

About Caring Lova


Artikel Work Overload? Ini Solusinya

One Comment

  1. Pingback: Tips Mencegah Stress Saat Pekerjaan Menumpuk - YCPA

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>