Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Yuk Bikin “The Best Place To Work For”

By Caring Lova on June 10, 2011

CaringLova, banyak orang berharap bekerja di tempat terbaik, atau sering juga disebut the best place to work for. Bekerja di kantor modern nan elit, bergaji tinggi, fasilitas banyak, adalah beberapa indikator yang sering menjadi rujukan ketika orang ingin bekerja di satu perusahaan.

Tentu saja hal demikian tidaklah keliru. Tapi, seringkali hal tersebut juga sesuatu yang tak selalu bisa kita raih. Penyebabnya, bisa beragam. Mulai dari ketidakmampuan kita bersaing dengan talenta terbaik, sampai kenyataan bahwa perusahaan yang kita idam-idamkan ternyata hanya membuat kita tegang sepanjang hari dan hidup tanpa senyuman lantaran lingkungan kerja yang kurang bersahabat sekalipun kantornya sangat modern.

Seperti halnya kebahagian yang sering kali dikejar sampai ke ujung dunia, padahal dia ada di dekat kita, tempat kerja terbaik sebenarnya seringkali juga ada di lingkungan kita. Hanya saja kita tidak mau menciptakannya.

Berikut adalah tips yang layak kita praktikkan terkait membuat tempat yang nyaman untuk bekerja:

Pertama, jangan bergantung pada bos. Manajemen memang wajib menyediakan fasilitas untuk menciptakan tempat kerja terbaik. Namun, pada dasarnya, kita sendiri yang sebenarnya harus menciptakan “the best place to work for”. Apakah kita sudah memanfaatkan fasilitas dan kebijakan dengan baik?

Kedua, menjadi good player. Seorang “pemain yang baik” di tempat kerja adalah menjadi orang yang partisipatif. Menjadi karyawan yang aktif untuk berkontribusi. Jangan menunggu lingkungan kerja kita, entah itu atasan atau rekan kerja menciptakan lingkungan yang kondusif. Berperan dan berkontribusi aktiflah untuk membuat “the best place to work for”. Mengerjakan tugas dengan tepat waktu adalah contoh menjadi god player karena menciptakan kelancaran sistem kerja.

Ketiga, membuat good relationship. Lingkungan “the best place to work for” tak akan terwujud bila hubungan atasan-bawahan atau sesame rekan kerja tidak terjalin baik. Kita di sini harus bisa menciptakan hubungan baik ke segala lini, ke atasan, bawahan, maupun rekan kerja yang sejajar. Kalau perlu, jadilah sahabat untuk semua orang.

Keempat, ciptakan keriaan. Gaji tinggi, fasilitas oke, kantor mentereng, tapi orang-orang di dalamnya kaku dan formal, tentunya tidak mengasyikkan. Cobalah membuat fun, rileks. Dengan kata lain, serius tapi santai dan produktif. Ciptakan selalu suasana riang dengan humor-humor yang bermutu tanpa kita kehilangan esensi untuk menjadi insan yang produktif .

Intinya, menciptakan lingkungan “the best place to work for” adalah partisipasi semua orang, bukan dibebankan pada atasan saja. Kita semua harus berperan mewujudkannya bersama-sama. tidak sulit kok, mulailah dengan senyum pada rekan kerjamu. Mudah kan?

About Caring Lova


Artikel Yuk Bikin “The Best Place To Work For”

One Comment

  1. Pingback: Cara Gampang Beradaptasi di Kantor Baru - YCPA

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>