Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Tips Menghadapi Tes Promosi Jabatan

By on February 3, 2013
naik jabatan 3

Promosi jabatan adalah saat-saat yang ditunggu oleh para karyawan. Apalagi, promosi jabatan seringkali menjadi ajang yang sangat bergengsi untuk menuju jenjang yang lebih tinggi. Tapi, banyak juga karyawan yang menganggap promosi jabatan sebagai momok yang menakutkan. Demam, keringat dingin, dan tubuh gemetar, seolah menjadi sindrom akut yang menyerang ketika seorang karyawan mendapat promosi jabatan.

Baca juga : Emansipasi Ala Wanita Modern

Berikut tips sukses dalam menghadapi tes promosi jabatan:

Siapkan Pengetahuan. Pada saat tes promosi jabatan, seringkali perusahaan menunjuk beberapa kandidat. Para kandidat ini akan diseleksi lagi melalui berbagai tes yang harus dijalani. Tes tertulis dan wawancara adalah dua jenis tes yang selalu dilakukan oleh perusahaan. Materi yang akan dijadikan tes biasanya seputar pekerjaanmu, atau pekerjaan yang dilakukan oleh jabatan baru yang akan ditempati. Jadi, tidak perlu panik. Baca kembali teori-teori yang ada dan ingat kembali standard operation procedure (SOP) yang selama ini berlaku. Jangan lupa, perdalam pengetahuanmu tentang pekerjaan dan courtesy-nya.

Percaya Diri. Mengapa saya? Mungkin itulah pertanyaan yang timbul ketika perusahaan menunjukmu sebagai kandidat dalam promosi jabatan. Jangan terkejut atau terheran-heran. Ketika kamu terpilih, itu berarti kamu memang pantas untuk dipilih. Jangan buang-buang waktu untuk merasa tidak percaya diri. Kamu hanya perlu meyakinkan diri bahwa kamu mampu dan harus mampu.

Siapkan Diri. Pada hari yang telah ditentukan untuk tes, kamu harus menyiapkan diri. Datanglah ke tempat tes paling lambat lima belas menit sebelum waktu yang ditentukan, dengan perut yang nyaman. Sarapanlah terlebih dahulu dengan menu yang pas. Perut kekenyangan hanya akan membuatmu mengantuk dan akhirnya tidak dapat berkonsetrasi dengan baik. Jaga makananmu, mulai beberapa hari sebelum tes. Hindari makan makanan pedas dan asam agar ketika tes perutmu tidak meledak-ledak dan memaksamu bolak-balik ke toilet. Kenakan pakaian yang nyaman, sopan, dan rapi, agar lebih percaya diri.

Rileks. Saat berada di ruang tes wawancara, tarik napas dalam-dalam, dan duduklah dengan posisi tubuh rileks namun tetap sopan. Orang-orang yang mengajukan tes  biasanya adalah orang yang sudah kamu kenal. Bahkan, bisa saja dia adalah atasan yang berinteraksi denganmu setiap harinya. Jadi, buat apa merasa cemas? Anggap saja kamu sedang berdiskusi seperti biasa. Jawablah pertanyaan dengan suara jelas, tegas, penuh percaya diri, dan tetap rileks.

Nah, tidak ada lagi yang perlu ditakutkan saat mengikuti tes promosi jabatan, kan? Semoga sukses, ya.

 

 

About nunikutami


Artikel Tips Menghadapi Tes Promosi Jabatan

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>