Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Dengan Lugas

By on March 4, 2013
interview

Betapa senangnya saat kita menerima panggilan wawancara kerja.  Itu berarti tinggal selangkah lagi, kita bisa diterima di perusahaan baru. Tapi, menjawab pertanyaan wawancara kerja adalah saat-saat yang paling mendebarkan. Salah menjawab, kesempatan yang sudah ada di depan mata, bisa hilang.

Agar pertanyaan wawancara kerja tidak menjadi momok yang menakutkan, alangkah baiknya kamu membaca tips-tips berikut ini:

  • Persiapkan Diri. Melakukan wawancara kerja adalah ibarat melakukan ujian. Kamu harus mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan. Percayalah, pertanyaan yang diajukan saat wawancara kerja adalah pertanyaan yang itu-itu saja. Jadi, tidak ada alasan untuk bingung menebak pertanyaan wawancara kerja.
  • Percaya Diri. Kesan pertama, akan sangat menentukan. Saat melakukan wawancara kerja, kamu harus tampil percaya diri. Tunjukan pada mereka bahwa kamulah orang yang tepat untuk posisi yang dilamar. Sikap percaya diri ini akan membantumu menghilangkan gugup ketika menjawab pertanyaan.
  • Tahu Kemampuan Diri. Wawancara kerja adalah kesempatan untuk menjual nilai lebih yang ada pada dirimu. Sebelum hari H, pikirkan kelebihan-kelebihanmu dan sampaikan ketika wawancara kerja. Pilih kelebihanmu yang paling unik dan tidak dimiliki kandidat lain. Jika sudah tahu kemampuan diri, kamu akan lebih mudah dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.
  • Tidak Bertele-Tele. Jangan melebar ketika menjawab sebuah pertanyaan. Jawablah langsung pada pokok persoalan. Yang perlu diingat, kamu harus memahami pertanyaan terlebih dahulu sebelum menjawabnya.
  • Jujur. Apa kelemahanmu? Itu adalah salah satu pertanyaan yang diajukan saat wawancara kerja. Jawablah dengan jujur. Jika kamu bukan orang yang perfeksionis, misalnya, jangan katakan bahwa kelemahanmu adalah perfeksionis. Sebagai contoh, katakan bahwa kelemahanmu adalah bekerja secara multitasking, sehingga kurang fokus. Tapi, sertakan juga bahwa kamu sudah mendapatkan kunci agar bisa lebih fokus, yaitu menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat dan tepat, untuk kemudian lanjut mengerjakan pekerjaan berikut.
  • Tenang. Ketika kamu dihadapkan pada pertanyaan yang sulit, cobalah untuk menarik napas sejenak. Tetaplah tenang dan pikirkan jawabannya. Jika benar-benar tidak dapat menjawab, katakan saja terus terang.
  • Berbicara Soal Gaji. Pewawancara kerap menanyakan soal gaji. Siapkan alasan-alasan yang kuat jika kamu memutuskan untuk mengajukan gaji yang lebih dari yang seharusnya. Ajukan besarnya gaji dengan sikap rendah hati. Jangan sampai kamu terlihat sombong atau malah tidak percaya diri.

Sekali lagi, pertanyaan wawancara kerja adalah pertanyaan yang  itu-itu saja. Setelah membaca tips-tips di atas, semoga kamu dapat menjawab pertanyaan pada sesi wawancara kerja, dengan lugas.

About nunikutami


Artikel Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Dengan Lugas

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>