Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Tips Agar Tampil Cemerlang Saat Wawancara Kerja

By on January 10, 2013
tips-wawancara-kerja

Tahap wawancara kerja selalu menjadi tahap paling krusial saat kita melamar pekerjaan. Pelajari yuk tips wawancara kerja yang satu ini. Nggak hanya harus menunjukkan kualitas profesional sebagai calon pegawai tapi juga bisa menunjukan penampilan yang tapat.  Pernah dengar kan soal first impression? Biasanya first impression itu dipengaruhi oleh penampilan dan pakaian yang kamu pakai.

Berdasarkan studi dari Image Dynamics di Amerika Serikat, 55% persepsi seseorang ditentukan berdasarkan kepantasan penampilan dengan lingkungan tempat dirinya berada.

Baca juga :  Memilih Pekerjaan yang Tepat Dengan Psikotest

Makanya, penting sekali buat kamu yang akan wawancara kerja berlatih agar tampil cemerlang saat wawancara kerja. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba agar kamu mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Tips Wawancara Kerja Agar Tampil Cemerlang

  • Atur pola makan. Perusahaan nggak menuntut kamu sekurus model atau secantik artis ibu kota, tapi memiliki kulit yang bersih dan tubuh yang berukuran sedang menjadi nilai tambah. Coba atur pola makan kamu dengan mengkonsumsi makanan sehat.  Ganti cemilan kentang goreng atau kacang-kacangan dengan buah. Apel, semangka dan pepaya adalah beberapa buah yang direkomendasikan. Hindari makanan berminyak dan perbanyak asupan sayur. Di malam hari, hindari makan saat larut. Kalau kamu tetap kelaparan, cukup minum susu atau makan buah. Perhatikan baik baik ya tips wawancara kerja untuk urusan pola makan ini.
  • Mengenal budaya perusahaan. Sebelum wawancara kerja, coba kamu lihat sekeliling perusahaan dan bagaimana para pegawai mereka berpakaian. Kamu juga bisa browsing internet tentang latar belakang industri perusahaan tersebut serta visi dan misi mereka. Ini bisa menjadi bahan pertimbangan seberapa konservatif perusahaan yang kamu inginkan.  Kalau kamu akan wawancara di perusahaan yang bergerak di industri gaya hidup, cari tahu tren yang menjadi patokan mereka.  Kalau perusahaan tersebut PR Agency, kenali siapa saja klien mereka dan apa yang mereka butuhkan.
  • Pakaian yang sesuai. Tips wawancara kerja selanjutnya terkait dengan penampilan pakaian kamu nih. Kalau kamu melamar di perusahaan dengan industri yang konservatif seperti akuntan, keuangan, hukum, konsultan dan lainnya, kenakan pakaian dengan warna-warna basic misalnya kemeja putih atau biru muda dengan blazer hitam (selalu sediakan blazer hitam di rumah sebagai ‘penyelamat’ saat kamu nggak tahu pakaian yang diinginkan), pump shoes bewarna hitam serta tas hitam.  Kalau kulit kamu cukup putih, warna cokelat bisa dipilih sebagai warna yang dominan pada penampilan kamu.   Tapi, kalau kamu melamar di industri kreatif, kamu bisa sedikit berkreasi dengan pakaian yang dikenakan. Tapi ingat, jangan berlebihan.  Kamu bisa menggunakan tas bewarna cerah atau cardigan bewarna abu-abu. Jangan khawatir untuk menunjukkan personality kamu tetapi tetap harus terlihat chic dan classy.
  • Perhiasan. Tips wawancara kerja yang terakhir, gunakan perhiasan dengan motif sederhana dan tidak terlalu banyak ornamen.  Kalau kamu sudah memakai kalung, nggak perlu menggunakan tumpukan gelang lagi. Anting-anting pun sebaiknya yang sederhana agar  nggak kelihatan berlebihan.

Nah itu tadi tips wawancara kerja agar kita bisa lebih tampil cemerlang. Kalau tips wawancara kerja dari kamu apa?

About Ellyzar Zachra


Artikel Tips Agar Tampil Cemerlang Saat Wawancara Kerja

2 Comments

  1. Pingback: Menjadi Bos Sekaligus Teman di Kantor

  2. Dini

    20 April 2013 at 23:52

    Terima kasih sharenya, Sis. Bermanfaat banget. Kadang suka gondok kalo ngelamar kerja gagal di tahap wawancara, :D

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>