Wanita Indonesia

wanita-indonesia

6 Teknik Presentasi yang Ciamik

By on July 20, 2011

Kamu yang berkarir di bidang public relation (PR), salesman, atau account officer, melakukan presentasi ke bos atau pelanggan tentu merupakan bagian yang sangat penting dari pekerjaan kamu. Jika kamu sudah menjadi supervisor atau manajer, maka kamu mulai diharuskan untuk melakukan presentasi baik kepada bos maupun anak buah. Berikut ini adalah tips mudah bagaimana kamu bisa melakukan presentasi secara efektif.

Use visual aids

Gunakan tampilan dan gambar di dalam presentasi kamu ketimbang kata-kata dan kalimat yang panjang. Gambar menjadikan presentasi kamu lebih komunikatif dan tidak menjemukan, sehingga tujuan kamu meyakinkan audience lebih mudah tercapai.

Keep it short

Ada ungkapan menarik mengenai presentasi yang efektif sebagai berikut: “No one ever complained of a presentation being too short.” Presentasi yang terlalu panjang, tidak sistematis, dan berbelit akan memicu keluhan dari audience. Sebagai panduan umum, usahakan presentasi kamu tak lebih dari 20 menit.

Use the rule of three

Susunlah presentasi kamu secara sistematis dengan membaginya ke dalam 3 poin/bagian besar. Dengan tiga bagian besar tersebut, audience kamu akan lebih mudah mengingat isi presentasi kamu. Bahkan kalau bisa gunakan tiga poin untuk setiap slide yang kamu sampaikan.

Tell stories

Sepuluh, dua puluh, atau empat puluh slide presentasi yang kamu bawakan haruslah dirangkai menjadi sebuah cerita yang memukau audience kamu. Di samping cerita menjadikan presentasi kamu mudah diingat (memorable), cerita juga memungkinkan audience tidak bosan mengikuti presentasi kamu.

Know the next slides

Setiap kali menyampaikan sebuah slide, kamu harus tahu apa isi slide berikutnya. Jangan sampai presentasi “macet” gara-gara kamu tidak menguasai isi slide berikutnya. Presentasi kamu akan powerful jika dalam presentasi, setiap kali kamu menyampaikan, “Di slide berikutnya Anda akan melihat bahwa…”. Oleh karena itu persiapan dan penguasaan materi presentasi adalah hal yang amat krusial.

Check out the room

Datanglah lebih awal untuk mengetahui dan memeriksa ruang presentasi. Tentukan di mana kamu berdiri dan bagaimana kira-kira posisi audience. Jangan lupa periksa peralatan presentasi untuk memastikan semuanya berjalan baik. Semua persiapan ini akan membuat kamu lebih convenience dan lebih confidence. Ingat confidence adalah modal utama kamu dalam melakukan presentasi.

About Deborah


Artikel 6 Teknik Presentasi yang Ciamik

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>