Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Young Caring Professional Award (YCPA) 2011

By Caring Lova on March 4, 2011
ycpa-2011

Wanita tidak hanya dituntut cantik secara fisik, tetapi juga mampu menampilkan kecantikan yang ada dalam dirinya (inner beauty). Sebagai wujud apresiasi terhadap wanita karier berprestasi, Martha Tilaar Group (MTG) mengadakan Young Caring Professional Award (YCPA) 2011.

 

Event yang diadakan untuk kedua kalinya ini bertujuan untuk memilih ambassador di kalangan profesional muda yang berprestasi. Bagi para wanita karier berusia 20-35, dan bukan pengusaha, bisa mengikuti kompetisi ini. Apapun profesinya, mulai dari manajer di perusahaan besar, pegawai pemerintah, guru, hingga blogger bisa ikut ambil bagian.

YCPA sebetulnya merupakan kelanjutan program Circle of Care 2007 dan event Care for Your Dream 2008. Lewat ajang ini, para wanita diberi kesempatan untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Caring Colours ingin membuktikan diri sebagai merek yang peduli pada mimpi dan keinginan konsumennya, sesuai dengan slogan citra Caring Colours, yaitu “Colours That Care”.

Deby T. Wibisana, Marketing Manager MTG mengatakan produk Caring Colours awalnya masih belum fokus pada segmentasi marketnya. Namun berdasarkan hasil survei terakhir, ternyata banyak pengguna produk Caring Colours di kalangan wanita karier. Untuk itu, diadakan YCPA di tahun 2010 sebagai wujud apresiasi terhadap para wanita karier berprestasi di tanah air. “YCPA ingin menunjukan wanita tidak hanya care terhadap penampilan, tetapi juga prestasi kariernya,” ujarnya.

Respon dari YCPA tahun lalu sangat luar biasa. Dari 1700 pendaftar, dipilih menjadi 50 orang semifinalis. Setelah itu, dilakukan penyaringan kembali menjadi 20 orang finalis, yang kemudian dipilih 9 pemenang. Mereka adalah Ratna Hida – Manajer Iklan koran Tokoh (Denpasar), Dorothea Marianna Anom Huliselan – Business Executive Cabe Rawit (Jakarta), Aruminingsih – Regional Planner Bapenas (Jakarta), Febriati Nadira – Head of Corporate Communications PT XL Axiata Tbk (Jakarta), Hanny Kusumawati – Head of New Media Division Maverick (Jakarta), Kundarti Ari – Kepala Yayasan Masa Depan Indonesia (Semarang), Revie Sylviana Andriani Dewi – General Manager VAS New Product Initiatives dan General Manager VAS Business Operation Bakrie Telecom (Jakarta), Selina Limman – Business Development www.urbanesia.com (Jakarta) dan Stefanie Kurniadi – Pemilik dan Strategic Planner Creasionbrand (Bandung).

Penilaian pemenang berdasarkan perjalanan karier dan prestasinya. Ketika sudah tersaring 50 semifinalis, mereka ditantang untuk membuat makalah. Untuk YCPA 2010, temanya tentang “Social Media”. Peserta yang berhasil lolos akan masuk 20 besar sebagi finalis untuk memperebutkan 9 kursi jalan-jalan ke Singapura. “Para finalis akan membuat makalah singkat yang akan dipresentasikan ke dewan juri,” kata Deby.

Untuk YCPA 2011 ini masih ada kesempatan pendaftaran karena akan ditutup akhir bulan April yang akan datang. Caranya mudah, cukup dengan cara mengisi formulir pendaftaran, CV singkat, dan perjalanan karier melalui http://www.facebook.com/caringcolours.ycpa, atau bisa melalui outlet Caring Colours terdekat. Finalis nantinya akan dinilai oleh dewan juri diantaranya ada Wulan Tilaar (Deputy Manager Martha Tilaar Beauty Gallery), Kemal E. Gani (Pemred SWA), Era Sukamto (Fashion Designer), Rene Suhardono (Career Consultan), dan Yoris Sebastian (Creative Consultan).

Berbeda dengan sebelumnya, YCPA 2011 akan memilih 8 pemenang dan seorang juara favorit. Untuk juara favorit penilaian berdasarkan voting dari Facebook Caring Colours. Para pemenang ini akan mendapatkan paket liburan ke Singapura, dan berkesempatan mengikuti creative workshop di Lego SeriousPlay dan mengujungi MTV Singapore. Tak ketinggalan, mereka mendapatkan paket produk Caring Colours selama 1 tahun, baju kerja, dan hadiah menarik lainnya.

Deby mengatakan para pemenang tidak sekadar menjadi brand ambassador seperti kebanyakan event lainnya. Mereka yang terpilih akan diarahkan menjadi community leader bagi core segment yang akan dijadikan semacam komunitas binaan. “Event ini menarik karena memanfaatkan peran sentral community leader dalam membangun dan mengembangkan komunitas konsumen,” ujarnya.

Komunitas ini terjalin melalui website serta media social networking seperti Facebook dan Twitter. Sebelumnya komunitas ini dinamakan “Caring Professional Club”, kemudian agar lebih familier diganti dengan sebutan “Caringlova”. Saat ini, jumlah anggota komunitas di website mencapai lebih dari 2 ribu orang, sedangkan untuk Facebook sudah hampir mencapai 8 ribu anggota, namun untuk twitter jumlahnya belum terlalu banyak karena baru dibuat di awal tahun ini.

Dengan perkembangan teknologi dan maraknya social media, diharapkan dapat membantu proses penyebaran informasi secara cepat. Anggota komunitas bisa saling berbagi informasi dan ilmu yang berkaitan dengan kecantikan dan karier.

Menurutnya, selama ini yang menjadi kendala yaitu sulitnya mencari model produk Caring Colours. Kriteria tidak hanya cantik, tetapi juga harus pintar. Citra ini yang ingin ditampilkan dari para pengguna produk Caring Colours. “Model yang dipilih harus menginspirasi wanita lain. Untuk itu, YCPA 2011 ini kami akan lebih menekankan lagi pada kualitas,” ujarnya.

Manfaat YCPA bagi Caring Colours sendiri sangat positif. Deby menceritakan bagaimana pengalaman  Ratna Hida, salah satu pemenang berkecimpung di dunia bisnis media massa. Latar belakangnya sebagai seorang jurnalis membuatnya minimalis dalam berdandan. Tetapi, setelah Ratna menjadi pemenang, ia cukup membawa pengaruh kuat kepada rekan-rekannya di Bali. Bagaimana make up dapat memaksimalkan penampilannya hingga tampil lebih sempurna. “Secara tidak langsung menunjukan Caring Colours membantu membuat penampilannya lebih cantik,” ujarnya.

Selain itu, adanya event ini juga memberikan kesempatan menjalin kerjasma business to business (B2B). Seperti kerjasama Caring Colours dengan Esia, dimana Revie Sylviana Andriani Dewi  sebagai bagian dari Bakrie Telecom.

Dengan event YCPA 2011 ini diharapkan makin memantapkan posisi Caring Colours sebagai kosmetik pilihan wanita dalam mendukung kariernya sebagai professional muda berprestasi. Tampil percaya diri berprestasi dengan Caring Colours.

About Caring Lova


Artikel Young Caring Professional Award (YCPA) 2011

2 Comments

  1. nancy lee

    23 March 2011 at 00:05

    I will apply ycpa :)

  2. Reni Hastuti

    29 March 2011 at 08:11

    I hope this time can participate

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>