Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Air Es Membuat Badan Gemuk? Benarkah?

By on April 9, 2013
es batu menggemukan badan

Setiap wanita tidak ingin memiliki badan gemuk. Karena itu, berhati-hati dalam mengonsumsi makanan, merupakan hal yang mutlak dilakukan. Kali ini, mari membahas tentang air es yang mitosnya dapat membuat badan gemuk.

  • Memperlambat Metabolisme. Menurut teori ilmiah, sifat air dingin adalah membekukan minyak-minyak dari makanan yang ada di dalam saluran pencernaan. Akibatnya, proses pencernaan menjadi lambat. Efek selanjutnya, metabolisme juga berjalan lambat. Metabolisme yang berjalan lambat ini membuat lemak tidak tercerna dengan baik, akhirnya mengalami penumpukan. Jadi, sebenarnya, air esnya sendiri tidak langsung membuat badan gemuk.
  • Tubuh Menetralisir Suhu Es. Masih menurut teori, air es adalah air biasa. Hanya, suhunya mendekati 0 derajat Celsius. Jika air dingin masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan menetralisir suhu air tersebut, menjadi 35-37 derajat Celsius. Namun, untuk menetralisir suhu air es ini, tubuh harus mengeluarkan kalori. Cara mengeluarkan kalori adalah dengan membakar lemak. Karena itu, rajin-rajinlah membakar lemak tubuh. Semakin kecil suhu air es yang masuk ke dalam tubuh, semakin banyak kalori yang diperlukan untuk menetralisir suhunya.
  • Teori Sebongkah Es Batu. Bayangkan sebuah es batu diletakkan di ruangan. Apa yang akan terjadi? Es tersebut akan mencair, bukan? Suhu tubuh manusia lebih tinggi daripada suhu ruangan. Jadi, ketika air es masuk ke dalam tubuh, es tersebut akan mencair. Tubuh manusia sama sekali berbeda dengan lemari es. Dari teori ini terbukti bahwa air es tidak menyebabkan badan gemuk.

Jadi, kita tidak perlu khawatir karena sering minum air es. Berdasarkan teori ilmiah dan fakta yang telah diuraikan di atas, air es tidak semudah itu membuat badan gemuk.

About nunikutami


Artikel Air Es Membuat Badan Gemuk? Benarkah?

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>