Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Cara Membuat Presentasi yang Mudah Dipahami

By Wahyu Yuliastuti on April 3, 2013
Presentasimenarik

Menyajikan presentasi menggunakan Power Point kini telah menjadi standar minimal. Dengan presentasi yang disajikan dengan baik dan tentunya mudah dipahami, tentu project proposal, usulan, atau pendapat kamu akan lebih banyak memiliki peluang untuk disetujui. Berikut ini beberapa tips agar presentasi kamu mudah dipahami dan nantinya akan disukai.

  • Mudah dibaca. Presentasi yang baik adalah yang mudah dibaca. Pilihlah huruf-huruf standar atau yang mudah dibaca agar audience tak bingung saat membaca slide presentasimu. Gunakan pula huruf yang besar agar mudah terbaca dari jarak jauh sekalipun.
  • Judul yang jelas pada setiap slide. Pergunakanlah huruf tebal, jelas dan mudah dibaca pada setiap judul slidemu.
  • Background yang sesuai. Perhatikan background yang kamu gunakan pada setiap slidemu. Jangan sampai background yang kamu pakai malah mengurangi nilai slide presentasimu. Juga jangan gunakan background yang terlalu kontras sehingga tulisanmu sulit terbaca.
  • Gunakan grafik dan diagram. Menggunakan gambar seperti grafik dan diagram akan membantumu untuk lebih mudah menjelaskan tentang topik yang sedang dipresentasikan. Selain itu dengan menggunakan grafik atau diagram, akan memberi penyegaran suasana dan mengundang perhatian para audience.
  • Fokus dan saling berhubungan. Tulislah hal-hal pokok atau penting saja yang berhubungan dengan topik yang sedang dipresentasikan. Jangan menggunakan terlalu banyak kata atau kalimat dalam satu slide presentasi. Cukup tulis judul atau garis besarnya saja. Penting untuk diperhatikan, agar setiap slide yang kamu buat satu sama lainnya saling berhubungan.
  •  Jangan terlalu banyak slideJangan membuat slide presentasi yang terlalu banyak untuk satu topik yang dibahas. Buatlah slide seefisien mungkin. Jika topik yang kamu bahas memang panjang, penjelasan secara lisan tentu lebih baik.

About Wahyu Yuliastuti


Artikel Cara Membuat Presentasi yang Mudah Dipahami

One Comment

  1. Pingback: Tips Menyajikan Presentasi yang Tak Membuat Ngantuk - YCPA

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>