Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Jangan Belanja Online Sebelum Membaca Ini

By on May 21, 2013
Jangan belanja online sebelum membaca ini

Kamu juga tidak usah merasakan macet saat menuju mall, demi membeli sepatu yang cocok untuk meeting dengan klien penting. Yang kamu perlukan hanya sedikit waktu luang. Hanya dengan sekali klik, barang-barang kesukaanmu pun akan segera ada di depan mata.

Sayangnya, kenyamanan belanja online bukan tanpa risiko. Banyak cerita buruk tentang pengalaman berburu barang melalui situs online. Akibatnya, konsumen merasa dirugikan. Sebaliknya, toko online yang jujur pun terkena dampak buruk.

Mencari online shop terpercaya, tidak terpancing diskon, dan menyimpan bukti pembayaran, belum cukup menjamin keamanan bertransaksi melalui internet. Ada beberapa hal lagi yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Hindari Fasilitas WiFi. Pencurian data dengan menggunakan software kerap terjadi di dunia maya. Para hacker semakin mudah memantau data orang lain melalui jaringan yang tidak aman seperti WiFi. Karena itu, hindari belanja online atau transaksi apapun melalui internet jika sedang menggunakan jaringan WiFi.
  • Gunakan HTTPS. Sebelum bertransaksi, perhatikan URL vendormu. Pilihlah URL yang diawali dengan HTTPS. Huruf S di belakang menandakan bahwa website tersebut aman. Cek pula tanda gembok yang ada pada address bar URL. Tanda itu berarti kamu sudah tersambung di koneksi SSL (Secure Sockets Layer).
  • Gunakan Kartu Kredit. Saat belanja online, lakukan pembayaran dengan kartu kredit. Cara ini lebih aman dibandingkan dengan menggunakan kartu debit. Sebab, jika kartu kreditmu dicuri, mayoritas pihak bank penerbit kartu kredit menawarkan proteksi pembelian.
  • Gunakan Password. Biasakan memasang password untuk semua gadgetmu. Data-data yang ada di gadgetmu harus dilindungi. Hal ini untuk menghindari pencurian data penting, jika gadgetmu hilang atau dicuri.

Belanja online memang mengasyikkan, tapi kamu tetap harus waspada untuk menghindari hal-hal yang merugikan.

Selamat belanja!

                               

About nunikutami


Artikel Jangan Belanja Online Sebelum Membaca Ini

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>