Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Kandungan Cream Pemutih Wajah yang Harus Dihindari

By Wahyu Yuliastuti on April 4, 2013
pemutihwajah

Kamu merupakan salah satu dari sekian banyak wanita yang menggunakan cream pemutih wajah? Hati-hati, cek kembali kandungan zat yang terkandung dalam krim pemutihmu. Bisa jadi zat tersebut berbahaya bagi kulit, janin, atau bahkan bisa menyebabkan  kanker. Berikut ini beberapa zat berbahaya yang harus dihindari pada cream pemutih.

  • Hydroquinon. Zat hydroquinon seringkali dipakai dalam cream pemutih wajah karena terbukti mencerahkan warna kulit. Hydroquinon bekerja dengan menghambat melanogenesis (proses pembentukan melanin). Namun, ada bahaya yang mengincar bagi pemakai zat ini. Hydroquinone secara ilmiah telah dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan yang berbeda, kanker yang paling berbahaya. Risiko hydroquinone telah memaksa beberapa negara Eropa yang berbeda untuk melarang penggunaan Hydroquinone di cerah krim. Efek samping yang ditimbulkan hydriquinon bisa berupa kemerahan dan bercak hitam pada kulit.
  • Mercury. Mercury merupakan zat yang termasuk dalam logam berat. Ion mercury bersifat racun akut sehingga berbahaya bila digunakan oleh tubuh kita. Penggunaan mercury pada manusia bisa menyebabkan pertumbuhan janin yang terlambat, keguguran, flek hitam, efek rebound  bila pemakaian kosmetik bermercury dihentikan, kanker, dan kerusakan permanen pada syaraf ,otak, dan ginjal.
  • Asam Retinoat. Asam retinoat biasa juga ditemui dalam cream-cream pemutih wajah. Bahan ini sering dipakai antara lain : pengobatan jerawat, untuk pemutih kulit, dan mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari (sundamage. Asam retinoat juga sering dimasukkan dalam komposisi krim pemutih karena dipercaya memiliki efek pemutih. Efek asam retinoat ini adalah melalui penghambatan pigmen melanin seperti beberapa senyawa pemutih lainnya.

Penggunaan topical asam retinoat dapat menyebabkan iritasi kulit terutama bagi yang memiliki kulit sensitif. Sedangkan pada penggunaan sistemik (misalnya peroral) asam retinoat memiliki efek teratogenik, yaitu menyebabkan abnormalitas perkembangan janin dalam kandungan. Serta  dapat menyebabkan berbagai bentuk malformasi/kecacatan pada janin.

Nah, lebih baik menjaga kesehatan kita kan daripada memiliki kulit yang putih namun ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Hindari zat-zat berbahaya tersebut. Bila cream pemutih wajahmu tidak mencantumkan komposisinya, ada baiknya untuk mengecek kandungan cream pemutihmu ke laboratorium.

About Wahyu Yuliastuti


Artikel Kandungan Cream Pemutih Wajah yang Harus Dihindari

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>