Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Kebiasaan Yang Harus Dihindari Saat Hamil

By on January 23, 2013
Kebiasaan yang Harus Dihindari Saat Hamil

Kehamilan memang sebuah anugerah untuk pasangan yang sudah menikah. Hamil dan melahirkan bagi seorang wanita sama dengan menyempurnakan hidupnya.  Selama kehamilan, seorang wanita pasti akan mengalami perubahan dari segi fisik dan psikologis. Semua aktivitas yang dilakukan seorang wanita hamil akan berdampak pada bayi yang dikandungnya. Makanya, ada beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari saat hamil agar kondisi bayi tetap sehat.

Baca juga : 5 Tips Hidup Seimbang 

  • Merokok. Sebenarnya, kamu harus berhenti merokok meskipun sedang tidak hamil. Kebiasaan merokok bisa membuat rambut kamu terlihat kucel, kulit menjadi lebih cepat tua dan lebih besar kemungkinannya untuk terkena kanker dan stroke. Namun saat hamil kebiasaan ini hukumnya wajib untuk dihentikan. Menurut dokter di seluruh dunia, merokok mengurangi kemampuan darah untuk megedarkan cukup oksigen ke dalam tubuh. Ini sangat berbahaya bagi janin kamu. Jadi jangan pernah coba-coba untuk merokok saat sedang hamil. Berpisah untuk selamanya dengan nikotin adalah pilihan terbaik.
  • Konsumsi minuman beralkohol terlalu banyak. Sebenarnya, ada beberapa perdebatan mengenai konsumsi minuman beralkohol. Beberapa dokter memperbolehkan untuk konsumsi minuman alkohol dengan kadar sangat rendah. Namun, berdasarkan laporan dari American Pregnancy Association, alkohol dapat terserap oleh plasenta dan langsung menuju tubuh sang buah hati. Jadi, kecuali kalau kamu merasa ‘nyaman’ kalau bayi kamu juga mengkonsumsi  alkohol, ada baikya berhenti minum minuman seperti itu saat hamil. Nggak cuma itu, beberapa jenis minuman alkohol juga meningkatkan kemungkinan keguguran maupun bayi lahir secara prematur.
  • Pola makan berantakan. Ada yang bilang kalau you are what you eat (diri kamu tercermin dari makanan yang kamu pilih). Apalagi, hampir sebagian besar dari kita mengkonsumsi makanan tanpa pikir panjang, sekadar untuk menambah energi tubuh atau melepas stress. Tapi saat hamil, pola hidup sehat menjadi hal utama. Selain makan yang teratur, jenis makanan pun harus kamu pilih dengan cermat. Apalagi, kamu membutuhkan energi yang lebih banyak waktu hamil. Sebaiknya kamu pilih makanan seperti biji-bijian (gandum, kacang-kacangan dan lain-lain), buah, sayuran, teh herbal dan makanan-makanan yang mengandung banyak cairan.
  • Terlalu sedikit tidur. Tidur terlalu sedikit karena pekerjaan yang menumpuk waktu hamil itu bukan pilihan yang baik. Berdasarkan keterangan National Sleep Foundation, tidur selama delapan jam adalah durasi yang paling tepat untuk tidur. Tidur cukup akan membuat kamu lebih rileks, segar, sehat dan menambah energi yang sangat kamu butuhkan untuk menghadapi rutinitas setiap hari. Karena itu, saat Hamil, mulailah untuk memanfaatkan ‘kekuatan’ tidur. Tahap awal kehamilan biasanya membuat kamu gampang kelelahan. Karena itu, cobalah untuk beristirahat selama 20 menit di siang hari. Jangan memilih lembur di kantor atau berada di luar rumah hingga larut malam. Dengarkan ‘teriakan’ tubuh yang butuh istirahat dan tidur nyenyak.

About Ellyzar Zachra


Artikel Kebiasaan Yang Harus Dihindari Saat Hamil

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>