Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Memilih Pekerjaan yang Tepat

By Duratun N on December 18, 2012
Memilih Pekerjaan yang Tepat

Masa menjadi job seeker seringkali menjadi masa-masa yang sulit. Ketika pekerjaan tak kunjung datang, pikiran pusing, bingung, dan bisa berujung putus asa. Tapi sebaliknya, kamu juga bisa bingung memilih pekerjaan mana yang akan diambil ketika banyak tawaran pekerjaan yang datang.

Berada dalam situasi dimana kamu harus memilih satu dari beberapa tawaran pekerjaan memang nggak mudah. Trus gimana cara memilih pekerjaan yang tepat? Banyak pertimbangan yang perlu kamu perhatikan agar nantinya kamu enjoy dalam bekerja.

  • Memilih pekerjaan yang sesuai hobi atau passion. Tentu nggak selalu mudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan hobi kamu. Tapi bukan hal yang mustahil juga untuk didapatkan. Pekerjaan yang sesuai hobi tentu akan lebih mudah dikerjakan dan menyenangkan. Dengan menyesuaikan pekerjaan dengan hobi, kamu bisa terus menikmati pekerjaan yang kamu lakukan. Kamu bisa mengembangkan hobi yang kamu punya menjadi kelebihan yang kamu miliki. Sehingga hobi tersebut tidak sekedar menjadi hobi namun bisa berkembang kedalam skill yang profesional.
  • Memilih pekerjaan yang sesuai bakat dan kepribadian. ¬†Supaya pekerjaan yang kamu pilih bisa cocok, sebaiknya kamu coba kenali bakat dan kepribadian kamu deh. Soalnya, nantinya akan berpengaruh dalam pekerjaanmu. Misalnya, Bakat menjadi desainer, menjadi kreatif, dan lain-lain. Atau kepribadian yang supel atau justru pemalu. Bakat dan kepribadian biasanya sudah ada sejak kamu lahir, meskipun tidak menutup kemungkinan bakat dan kepribadian bisa dipelajari dan bisa saja berubah.
  • Memilih pekerjaan sesuai kemampuan. Jangan memaksakan pekerjaan yang tidak sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Sebagai contoh, jika kamu benar-benar tidak mempunyai kemampuan memasak, jangan memilih menjadi koki. Nanti hasilnya jadi nggak maksimal. Seorang profesional harus menguasai apa yang dikerjakannya. Tapi tidak perlu khawatir, meskipun kemampuan menjadi modal awal kamu melakukan pekerjaan,¬†pada dasarnya kemampuan bisa terus dikembangkan,.
  • Memilih pekerjaan yang sesuai dengan target gaji. Ini yang paling penting ketika kamu memilih pekerjaan. Saat sesi wawancara pekerjaan, berapa besaran gaji yang ingin kamu terima menjadi salah satu hal yang ditanyakan. Dari awal targetkan berapa gaji yang ingin kamu terima. Jangan ragu untuk mengajukan besaran gaji dengan nominal yang cukup besar. Selama kamu mempunyai modal kemampuan dan keahlian yang juga bisa kamu tawarkan. Jika gaji yang kamu terima sebanding dengan apa yang kamu lakukan, kamu pasti akan enjoy dalam pekerjaan.

About Duratun N


Artikel Memilih Pekerjaan yang Tepat

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>