Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Cerdas Memilih Perawatan untuk Kulit Sehat

By on February 11, 2013
Cerdas Memilih Perawatan untuk Kulit Sehat

Punya kulit yang sehat tentu idaman semua wanita, ya kan caringlovers? Kulit sehat memang tidak hanya menyangkut soal penampilan tetapi juga kualitas hidup kita. Kita tidak cuma capek bolak balik ke dokter karena radang kulit atau jerawat yang tidak kunjung sembuh tapi biaya yang dikeluarkan juga mahal. Karena itu, kita harus cerdas memilih perawatan untuk kulit sehat kita. Ada beberapa ‘menu wajib’ perawatan kulit yang harus kita punya.

Baca Juga : Cara Merawat Kulit Kering

Pembersih muka. Jangan pernah malas menggunakan cleanser.  Memang terlihat sederhana tapi tidak ada strategi paling sederhana dan ampuh selain rutin mencuci muka setiap harinya, terutama di pagi dan malam hari. Pilihlah pembersih muka yang mengandung mild glycolic acid yang mampu mengurangi minyak di muka, kotoran dan kulit mati. Wewanginan dan unsur pewarna di pembersih muka tidak dianjurkan karena bisa membuat kulit iritasi

Nutrisi tambahan. Tidak semua produk perawatan kulit ada di meja rias kita lho. Beberapa diantaranya tersimpan di lemari dapur kita. Percayalah, ada banyak makanan yang mampu membuat kulit tubuh kita tetap terlihat muda dan sehat. Pilihlah makanan yang mengandung nutrisi, vitamin, minera dan antioksidan. Biotin, sejenis vitamin B, membantu regenerasi kulit, rambut dan kuku. Vitamin A mampu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan menjaga kulit agar tetap sehat. Vitamin C dan E adalah pahlawan antioksidan yang mampu mengusir radial bebas sekaligus melindungi kulit dari sinar matahari yang menyengat.

Asam lemak esensial. Asam lemak esensial (Essential fatty acids/ EFA) ini adalah komponen penting karena membantu menciptakan membran sel lipid yang berguna bagi minyak di kulit untuk melindungi diri dari polusi dan UV. Tanpa EFA, kulit tubuh kita bisa kering, radang dan bernoda. Karena itu, konsumsilah makanan / suplemen yang mengandung omega-3 dan omega-6 yang mengandung asam lemak esensial. Beberapa dokter kulit juga merekomendasikan gamma linolenic acid GLA).

Suncreen. Produk pelindung dari sinar matahari ini wajib loh caringlovers dipakai setiap harinya. Tidak hanya mencegah kita mengidap kanker kulit tetapi juga menjaga kualitas kulit. Kalau kita tidak pakai sunscreen? Siap-siap kulit kita bernoda, kurang elastis dan memiliki kerut-kerut yang mengganggu penampilan. Pilihlah produk yang memiliki kadar sun-protection factor (SPF) lebih dari 15. Gunakan setidaknya 20 menit sebelum kita keluar rumah. Selain itu, gunakan sunscreen setiap dua jam untuk perlindungan maksimal.

Exfoliant. Supaya kulit sehat kamu tetap terjaga, kandungan ini sangat penting untuk dimiliki di produk perawatan kulit. Exfoliants dan scrub wajah penting untuk menyapu pergi kulit mati dan memoles kulit agar tetap bersinar dan segar. Yang perlu diingat, pilihlah exfoliant yang tidak terlalu kasar agar tidak mengikis kulit kita ya. Pasalnya, kalau kita terlalu ‘keras’ menggosok kulit sehingga bisa iritasi dan menimbulkan jerawat loh caringlovers.

 

About Ellyzar Zachra


Artikel Cerdas Memilih Perawatan untuk Kulit Sehat

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>