Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Personal-Branding Untuk Si Introvert

By Wahyu Yuliastuti on January 25, 2013
Personal Branding Untuk si Introvert

Dalam dunia kerja, kemampuan masing-masing orang di kantor akan diukur lewat cara kerja dan kemampuannya menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. Tentu ini tidak lepas dari sikap kamu kepada teman-teman kantor dan personal branding yang baik. Akan lebih mudah bagi kamu yang berkepribadian ekstrovert untuk mem-branding diri di kantor ketimbang kamu yang introvert.

Baca juga : Tips Kerja Hari Pertama

Seseorang yang introvert biasanya sulit menjalin komunikasi secara luas dan terbukadengan orang lain. Kamu yang berkepribadian ini juga cenderung lebih senang sendiri, lebih banyak berfikir, dan pemalu. Hal itulah yang kemudian sering membuat kamu kurang eksis di kantor. Untuk itulah ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar personal-branding kamu berhasil.

  • Gali bakat kamu dan tuangkan dalam pekerjaan. Masing-masing orang pasti memiliki bakat sendiri. Jangan minder dan hanya terus-menerus melihat orang lain. Ingat, kamu pun memiliki bakat yang tak kalah hebat dari orang lain. Jika orang lain bisa, kamu pun pasti bisa melakukannya. Bakat apa yang kamu miliki coba kamu aplikasikan di kantor. Dengan begitu orang lain pun akan melihat kemampuan yang kamu miliki.
  • Fokus pada kesuksesan. Dalam pekerjaan cobalah melihat pada kesuksesan yang sudah pernah kamu raih dan apa kesuksesan selanjutnya yang pengen kamu capai. Jangan terlalu memikirkan kegagalan. Coba deh ubah mindset kamu bahwa kegagalan adalah bagian dari proses menuju kesuksesan. Jadikan sebagai pelajaran dan tetap fokus pada kesuksesan yang ingin kamu capai.
  • Asah kemampuanmu untuk tampil di depan umum. Biasanya kamu yang introvert, malu untuk tampil di depan umum. Jadi coba deh berlatih berbicara di depan kaca, atau di depan teman kamu. Lama-kelamaan rasa malu itu bakal hilang. Kamu pun akan terbiasa untuk tampil pede di depan umum.
  • Carilah teman curhat. Dengan memiliki teman curhat di kantor kamu akan lebih mudah menyampaikan keluh kesah maupun men-share ide-ide yang kamu miliki. Saat kamu butuh bantuan maupun dukungan, teman curhat pun akan membantu.

Jadi jangan mau cuma jadi anak bawang di kantor. Jadilah orang yang memiliki posisi tawar.  Dengan personal branding yang baik, kemampuan kamu akan diperhitungkan di kantor. Setiap orang pasti bisa mencapai sukses, termasuk kamu yang introvert sekalipun. Tetap semangat Caring Lova!

About Wahyu Yuliastuti


Artikel Personal-Branding Untuk Si Introvert

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>