Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Cara Gampang Beradaptasi di Kantor Baru

By Duratun N on December 6, 2012
42-16023287

Jadi orang baru di kantor sedikit banyak pasti bikin kamu deg-degan. Apalagi buat kamu yang agak nggak mudah beradaptasi dengan orang baru.Butuh waktu yang lama buat kenal mereka apalagi buat jadi akrab.  Kamu harus bisa cepat kenal dan tahu kondisi teman-teman kantor supaya bisa beradaptasi dengan pekerjaan baru kamu. Trus gimana caranya biar jadi orang yang supel dan mudah bergaul?

  • Tanya kabar mereka untuk memulai pembicaraan. Kebiasaan buruk orang di tempat baru biasanya susah untuk memulai pembicaraan. Itulah yang menghambat seseorang beradaptasi di kantor baru.  Kamu bisa memulai dengan menanyakan kabar teman kantor kamu. Pertanyaan ini biasanya akan memancing pembicaraan lain sehingga obrolan kamu bisa mengalir dengan teman baru.
  • Jangan malu bertanya soal kerjaan. Ini juga salah satu usaha yang bagus buat mengakrabkan diri dengan orang kantor baru kamu. Sebagai orang baru tentu kamu perlu tahu pekerjaan yang harus kamu kerjakan, untuk itulah jangan malu bertanya soal kerjaan kamu sama teman. Bertanyalah dengan cara yang sopan dan carilah waktu yang tepat ketika teman lain tidak sedang sibuk. Dengan senang hati tentu teman kamu akan menjelaskannya.
  • Jangan banyak ngobrol tentang diri sendiri. Jika kamu sedang berada ditengah sesi obrolan dengan teman baru, cobalah untuk tidak banyak ngobrol tentang diri sendiri. Hal ini akan membuat orang lain merasa tidak dihiraukan dan kamu dianggap orang yang narsis dan sok penting. Sebaliknya tanya lebih banyak tentang orang yang sedang kamu ajak ngobrol atau tentang hal lainnya. Hal tersebut akan membuat kamu menjadi teman ngobrol yang asyik dan menghormati teman yang diajak ngobrol.
  • Luangkan waktu untuk ikut dalam obrolan orang-orang kantor. Bagi orang baru, ikut dalam obrolan orang-orang lama biasanya bikin nggak betah karena nggak tahu apa yang mereka obrolkan. Sebisa mungkin kamu jangan menghindar. Nggak perlu sok asik dan ikut nimbrung jika kamu benar-benar nggak tahu apa yang mereka obrolkan. Cobalah untuk menjadi pendengar yang baik saja dan memahami mereka dari yang mereka bicarakan. Hal ini semakin lama akan membuat kamu akrab dengan mereka.
  • Jangan marah jika ditegur. Sebagai orang baru sangatlah wajar jika kamu melakukan kesalahan. Untuk itu jika teman di kantor menegur atau memarahi kesalahanmu jangan anggap mereka galak. Berterimakasihlah dan segera benahi kesalahan. Hal ini akan membuat kamu dianggap menghormati dan membuat kamu tidak dicap jelek oleh orang kantor.

Baca juga : Membuat Tempat Kerja Paling Nyaman

About Duratun N


Artikel Cara Gampang Beradaptasi di Kantor Baru

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>