Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Tips Aman Belanja Online Tanpa Tertipu

By Duratun N on March 29, 2013
belanjaonlineaman

Kemajuan teknologi komunikasi saat ini mendorong kemudahan dalam berbagai aspek tidak terkecuali belanja. Maraknya online store yang menawarkan berbagai item menarik tentu membuat kamu tergiur untuk segera menguras isi dompet. Tapi tunggu dulu! Maraknya online shop saat ini juga menambah daftar panjang tindak kejahatan khususnya penipuan.

Karena tidak adanya tatap muka antara penjual dan pembeli, membuat transaksi belanja online lebih rawan penipuan. Nah, agar terhindar dari penipuan dan tetap aman dalam bertransaksi saat belanja online perhatikan beberapa tips berikut ini

  • Cari online shop yang terpercaya. Agar belanja kamu aman lebih baik untuk mencari online shop yang benar-benar terpercaya. Salah satu caranya dengan mencari dan membaca ulasan konsumen yang pernah bertransaksi. Jika komentar bernada positif, kamu dapat mempertimbangkannya tapi kalau sebaliknya sebaiknya tinggalkan. Kamu juga bisa melakukannya dengan memilih online shop milik teman sendiri. Selain terpercaya kamu juga bisa itung-itung membantu bisnis teman.
  • Jangan terpancing diskon! Jika kamu menemukan penawaran yang menarik dengan diskon yang gila-gilaan, jangan tergesa-gesa melakukan transaksi. Diskon besar belum tentu membuktikan dia aman. Bisa-bisa penawaran diskon ini justru jebakan agar orang mudah tergiur. Cek terlebih dahulu penawaran tersebut, jika terdapat kejanggalan pada online shop yang dituju maka lupakan dan tinggalkan. Carilah online shop lain yang lebih terpercaya.
  • Simpan bukti pembayaran. Ini sangat penting ketika kamu melakukan belanja online. Simpan bukti pembayaran kamu baik-baik karena ini menjadi bukti kamu telah bertransaksi. Jika terjadi kecurangan oleh penjual, kamu tak perlu repot karena ada barang bukti di tangan.
  • Lihat dengan detail online store yang kamu pilih. Sebelum kamu berbelanja online pastikan kamu memperhatikan dengan detail online store yang kamu pilih. Pahamilah dengan teliti produk yang akan kamu beli, cara pembayaran maupun pengiriman dan hal kecil lain. Dengan begitu kamu akan tahu dengan jelas online store yang kamu pilih sehingga mengurangi resiko kecurangan.

Belanja online memang mengasyikkan karena tidak perlu repot dan lebih praktis. Tapi, keamanan jangan dinomorduakan agar belanja online tetap aman.

About Duratun N


Artikel Tips Aman Belanja Online Tanpa Tertipu

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>