Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Tips Kerja di Hari Pertama

By on January 7, 2013
Tips Kerja Hari Pertama

Menjadi ‘pendatang baru’ di dunia kerja memang nggak mudah karena kamu harus memberikan first impression yang tepat kepada atasan maupun rekan kerja. Gagal memberikan kesan pertama yang memuaskan, bisa-bisa butuh waktu yang lama untuk beradaptasi di kantor baruNggak ada salahnya kamu mencari tips kerja hari pertama sebelum terjun ke kantor baru.

  • Penampilan. Selalu pilih pakaian dan sepatu yang membuat kamu merasa nyaman. Nggak ada yang lebih buruk selain menggunakan high heels yang menyiksa waktu kamu harus  berkeliling kantor untuk berkenalan. Yang lebih buruk, mungkin menahan perut karena sengaja menggunakan pakaian yang sedikit sempit agar terlihat langsing. It’s a big no!  Nggak ada salahnya melirik penampilan pegawai di perusahaan itu waktu kamu masih di tahap interview.
  • Percaya diri. Ingatlah bahwa perusahaan memandang kamu sebagai pilihan terbaik dari berbagai kandidat untuk bergabung dengan mereka. Karena itu, selalu tumbuhkan sikap percaya diri kamu. Coba juga untuk mencari tahu beberapa latar belakang perusahaan untuk semakin mengenal dengan lingkungan kerja. Segeralah beradaptasi dengan apa yang dibutuhkan perusahaa. Selain itu,kalau kamu merasa punya ide untuk menjalankan pekerjaan dengan lebih baik, nggak ada salahnya berbicara dengan atasan.
  • Inisiatif. Beberapa perusahaan terkadang acuh dengan kebutuhan pegawai baru mereka karena itu nggak ada salahnya kamu berinisiatif. Segeralah mendapatkan e-system seperti laptop, email ataupun smartphone (jika hal tersebut disediakan kantor) sebagai bagian dari fasilitas kerja. Dengan begitu, kamu bisa melakukan tanggung jawab dengan segera.
  • Lebih banyak melihat dan mendengarkan. Di masa awal kerja memang saat yang tepat bagi kamu  untuk melihat dan mendengar sekitar seperti budaya perusahaan, lingkungan kerja, interaksi pegawai satu sama lain, bagaimana cara mereka menyampaikan pendapat dan masih banyak lagi. Cermati peraturan tertulis dan tidak tertulis dari perusahaan. Yang tidak kalah penting, jangan remehkan hal administratif maupun normatif. Jangan pernah melupakan untuk mengucapakan terima kasih atau meminta maaf saat kamu meminta tolong atau merepotkan orang lain.
  • Mengenal ritme diri sendiri saat bekerja. Hari pertama seringkali melelahkan dan super sibuk. Bahkan, orang seringkali merasa tidak punya cukup waktu untuk makan siang atau sekadar beristirahat. Hal seperti itu adalah kesalahan. Tekankan kepada diri sendiri untuk beristirahat karena ini juga membantu memperbarui energi kamu secara mental maupun fisik. Pahami betul berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan setiap tanggung jawab secara optimal. Ini membantumu untuk menyelesaikan tugas tepat waktu. Ingat, lembur adalah pilihan, bukan kewajban!

About Ellyzar Zachra


Artikel Tips Kerja di Hari Pertama

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>