Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Tips Menata Ruang Keluarga yang Nyaman

By on April 7, 2013
Ruang-Keluarga

Ruang keluarga merupakan pusat rumah. Di ruangan inilah seluruh keluarga berkumpul untuk berinteraksi. Karena itu, ruang keluarga yang nyaman menjadi syarat mutlak, agar acara berkumpul semakin berkualitas.

Sayangnya, penataan ruang keluarga seringkali belum sempurna. Sehingga, acara kumpul-kumpul pun kurang asyik. Berikut ini beberapa tips menata ruang keluarga yang nyaman:

  • Multifungsi. Aktivitas masing-masing anggota keluarga, berbeda-beda. Ibu biasanya menghabiskan waktu di dapur. Ayah di ruang kerja. Dan anak-anak belajar. Jadikanlah ruang keluarga benar-benar sebagai ruang berkumpul. Caranya, fungsikan ruang keluarga sebagai dapur, ruang kerja, sekaligus tempat anak beraktivitas. Jika tidak memungkinkan, letakkan ruangan-ruangan itu secara berdekatan. Cara lain, beri warna yang sama pada ruangan-ruangan itu, sehingga tampak menyatu.
  • Manfaatkan Celah. Manfaatkan celah-celah yang ada di ruang keluarga. Misalnya, ruang di bawah tangga, dapat dijadikan sebagai rak buku, atau laci-laci penyimpan. Cara ini dapat membuat ruang keluarga menjadi lebih rapi dan fungsional.
  • Sembunyikan Rak dan Laci. Jika kamu menginginkan kesan ruang keluarga yang terang dan bersih, siasati dengan menyembunyikan rak dan laci. Pilihlah salah satu sisi dinding. Buatlah semacam lemari besar yang tertutup, dengan ruang-ruang penyimpan di dalamnya. Dari luar, tempat ini terlihat seperti dinding belaka, tetapi kamu bisa memanfaatkannya untuk penyimpan barang.
  • Tampilkan Rak dan Laci. Ruang keluarga yang nyaman biasanya memiliki banyak laci dan rak, untuk tempat penyimpanan. Jika tidak senang menyembunyikan rak-rak dan laci, tampilkan saja. Caranya sama dengan cara di atas, tetapi bagian rak dan laci, ditampilkan seperti biasa. Selain untuk menyimpan barang, tempat ini bisa dijadikan tempat untuk memajang pernik-pernik.
  • Tempat Penyimpanan. Untuk menghemat tempat, jadikan perabotan sebagai tempat penyimpanan. Misalnya, pilih meja ruang keluarga yang dilengkapi dengan rak-rak penyimpan. Rak tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tempat buku atau album foto keluarga.
  • Perabotan Unik. Banyak orang yang ingin menempatkan perabotan unik di ruang keluarga. Contohnya adalah audio set klasik. Manfaatkan perabotan ini sebagai meja minum kopi atau meja kerja.

Itulah tips menata ruang keluarga yang nyaman. Meskipun demikian, hal terpenting dari ruang keluarga adalah fungsinya, yaitu membuat keluarga lebih dekat.

About nunikutami


Artikel Tips Menata Ruang Keluarga yang Nyaman

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>