Wanita Indonesia

wanita-indonesia

Tips Menyajikan Presentasi yang Tak Membuat Ngantuk

By Wahyu Yuliastuti on April 5, 2013
presentasi menarik

Seringkali kita sebagai audience merasa bosan sampai-sampai mengantuk saat mendengarkan presentasi dari presentator. Tapi, apa jadinya kalau ternyata kita yang harus menyajikan slide presentasi? Pasti tak ingin kan membuat audience menjadi mengantuk karena presentasi yang kita sajikan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu pakai saat menyajikan presentasi agar tak membosankan.

Baca juga : Cara Membuat Presentasi yang Mudah Dipahami

  • Kuasai dan Jiwai MateriKuasai materi yang akan kamu bawakan. Pilih dengan benar mana materi yang harus ditekankan pada audience atau yang harus dihilangkan. Buatlah presentasimu menjadi efektif dan tak bertele-tele. Selain harus menguasai materi, kamu juga harus menjiwai materimu. Jiwa dan materi yang akan kamu presentasikan jug harus bersinergi agar saat kamu membawakannya akan terlihat hidup.
  • Kuasai Ruangan dan Alat-Alat yang Akan Digunakan Saat Presentasi. Datanglah beberapa saat sebelum kamu melakukan presentasi. Lihat dan pelajari seluk beluk ruangannya. Pastikan sound system berjalan dengan sempurna, juga pastikan lcd dapat menampilkan presentasimu dengan sempurna, tidak ada salahnya juga mengecek saklar lampu untuk memastikan seluruh bahan presentasi anda dapat terlihat dengan sempurna.
  • Pakailah Remote Control. Kamu tak perlu terus berdiri di samping komputer atau laptop saat presentasi. Kamu harus berada pada posisi dimana semua audience dapat melihat kamu dengan jelas, oleh karena itu tidak ada salahnya menggunakan remote control. Tapi bukan berarti jika kamu menggunakan remote lalu bebas untuk berkeliling pada saat presentasi, hal tersebut hanya memecah konsentrasi audiens.
  • Jangan Berbicara pada Slide. Sering orang-orang karena grogi saat presentasi, mereka malah berbicara pada slide mereka, dan itu salah besar! Percaya dirilah dan lakukan kontak mata dengan audience, mereka akan jauh lebih menghargai Anda.
  • Navigasikan Slidemu. Sebaiknya kamu membuat slide dengan menggunakan ‘link‘. Hal ini penting karena audience event seringkali bertanya pada slide yang telah dipresentasikan. Penggunaan link membuat kamu lebih mudah untuk menemukan slide yang perlu diulang, tanpa harus menampilkan seluruh slide presentasi.
  • Lakukan Simulasi Presentasi. Sebelum berpresentasi ada baiknya untuk melakukan simulasi presentasinya terlebih dahulu. Jika memungkinkan undang rekanmu pada saat simulasi dan mintalah pendapat mereka dengan jujur tentang performa kamu saat presentasi. Tidak ada salahnya jika untuk terus mengulang agar memperoleh kesempurnaan.

About Wahyu Yuliastuti


Artikel Tips Menyajikan Presentasi yang Tak Membuat Ngantuk

Komentar Kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>